MATERI AJAR LENGKAP IPA TERPADU SMP KELAS 8 K13 PPTX

Materi Ajar PPTX Lengkap IPA Terpadu SMP Kelas 8 K13 | Bagi seorang guru materi ajar merupakan salah satu kebutuhan dalam mengajar. Dengan materi ajar yang menarik, maka siswa pun tidak jenuh dalam pembelajaran.  Pada postingan kali ini admin memberikan contoh materi ajar IPA Terpadu K13 berbasis power point. Semoga materi ajar berbasis power point ini memudahkan para guru untuk menyampaikan pelajaran khususnya IPA  Terpadu Kelas 8. Berikut bahan ajar power point materi IPA Terpadu Kelas 8 K13 :

Materi Ajar IPA Terpadu K13 Lengkap

BAB 1 SISTEM GERAK PADA MANUSIA KOMPETENSI DASAR

Pada Bab 1 ini, ada 6 materi pembahasan yang wajib diajarkan pada siswa. Adapun materi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku ilmiah dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan dan/atau berdiskusi.
  3. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
  4. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
  5. Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
  6. Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia 

PPT SISTEM GERAK PADA MANUSIA KOMPETENSI DASAR | AMBIL DISINI

BAB 2 GAYA DAN GERAK KOMPETENSI DASAR

Pada Bab 2 ini, ada 6 materi pembahasan yang wajib diajarkan pada siswa. Adapun materi tersebut adalah sebagai berikut:

    1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
    2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
    3. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
    4. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
    5. Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
    6. Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda

    PPT GAYA DAN GERAK KOMPETENSI DASAR | Ambil Disini

    BAB 3 USAHA PESAWAT SEDERHANA DAN KERJA OTOT RANGKA 

    Pada Bab 3 ini, ada 6 materi pembahasan yang wajib diajarkan pada siswa. Adapun materi tersebut adalah sebagai berikut:

      1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
      2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
      3. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
      4. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
      5. Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
      6. Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
      PPT USAHA PESAWAT SEDERHANA DAN KERJA OTOT RANGKA | Ambil Disini

      BAB 4 STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN

      Pada Bab 4 ini, ada 6 materi pembahasan yang wajib diajarkan pada siswa. Adapun materi tersebut adalah sebagai berikut:

        1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
        2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
        3. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
        4. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
        5. Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
        6. Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan

        PPT STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN | Ambil Disini

        BAB 5 SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA

        Pada Bab 1 ini, ada 6 materi pembahasan yang wajib diajarkan pada siswa. Adapun materi tersebut adalah sebagai berikut:

          1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
          2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
          3. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
          4. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
          5. Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
          6. Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi

          PPT SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA | Ambil Disini

          BAB 6 ZAT ADITIF ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA

          Pada Bab 6 ini, ada 6 materi pembahasan yang wajib diajarkan pada siswa. Adapun materi tersebut adalah sebagai berikut:

            1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
            2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
            3. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
            4. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
            5. Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif serta dampaknya terhadap kesehatan
            6. Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan

            PPT ZAT ADITIF ADIKTIF DAN PSIKOTROPIKA | Ambil Disini

            BAB 7 SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA

            Pada Bab 7 ini, ada 2 materi pokok pembahasan yang wajib diajarkan pada siswa. Adapun materi tersebut adalah sebagai berikut:

                1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
                2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

                Indikator: 

                  • Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
                  • Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
                  • Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah 
                  • Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) pada frekuensi denyut jantung

                PPT SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA | Ambil Disini

                BAB 8 TEKANAN PADA GAS DAN PENERAPANNYA

                Pada Bab 8 ini, ada 2 materi pokok pembahasan yang wajib diajarkan pada siswa. Adapun materi tersebut adalah sebagai berikut:

                    1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
                    2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

                    Indikator: 

                      • Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
                      • Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
                      • Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
                      • Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan

                    PPT TEKANAN PADA GAS DAN PENERAPANNYA | Ambil Disini

                    BAB 9 SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA

                    Pada Bab 9 ini, ada 2 materi pokok pembahasan yang wajib diajarkan pada siswa. Adapun materi tersebut adalah sebagai berikut:

                        1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
                        2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

                        Indikator: 

                          • Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
                          • Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
                          • Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
                          • Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan system pernapasan 
                        PPT SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA | Ambil Disini

                        BAB 10 SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

                        Pada Bab 10 ini, ada 2 materi pokok pembahasan yang wajib diajarkan pada siswa. Adapun materi tersebut adalah sebagai berikut:

                            1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
                            2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

                            Indikator: 

                              • Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
                              • Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
                              • Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
                              • Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
                              • Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi 
                              • Membuat karya tentang system ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri 
                            PPT SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA | Ambil Disini

                            BAB 11 GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI

                            Pada Bab 11 ini, ada 2 materi pokok pembahasan yang wajib diajarkan pada siswa. Adapun materi tersebut adalah sebagai berikut:

                                1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
                                2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

                                Indikator: 

                                  • Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
                                  • Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
                                  • Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
                                  • Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
                                  • Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan
                                  • Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi 
                                PPT GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI | Ambil Disini

                                BAB 12 CAHAYA DAN ALAT OPTIK

                                Pada Bab 12 ini, ada 2 materi pokok pembahasan yang wajib diajarkan pada siswa. Adapun materi tersebut adalah sebagai berikut:

                                    1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
                                    2. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

                                    Indikator: 

                                      • Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
                                      • Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
                                      • Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
                                      • Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
                                      • Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optic 
                                      • Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa 
                                    PPT CAHAYA DAN ALAT OPTIK | Ambil Disini

                                    Demikian postingan kali ini mengenai "materi atau bahan ajar power point IPA Kelas 8" semoga bermanfaat bagi para pengajar khusus nya Guru IPA Terpadu Kelas 8 dalam penyajian pelajaran dengan menarik kepada siswanya.

                                    Posting Komentar untuk "MATERI AJAR LENGKAP IPA TERPADU SMP KELAS 8 K13 PPTX "