=== kode iklan ===
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati : Merupakan Salah Satu Alat Ekskresi Pada Manusia

Hati Sebagai Alat EkskresiHati terletak didalam rongga perut sebelah kanan, dibawah diafragma. Hati merupakan kelenjar terbesar yang terdapat didalam tubuh, terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu kiri dan kanan. Permukaan atas hati berbentuk cembung, sedangkan permukaan bawahnya tidak rata dan banyak terdapat lekukan.

Sebagai kelenjar pengeluaran, hati menghasilkan empedu (berupa cairan kuning kehijauan yang berasa pahit dan akan dikeluarkannya kedalam usus halus untuk membantu proses pencernaan) yang disimpan didalam kantung empedu. 

Hati berperan didalam perombakan sel darah merah yang telah tua dan rusak. Dari hasil perombakan sel darah merah, zat yang masih berguna seperti besi, akan dimanfaatkan kembali untuk pembuatan sel darah merah yang baru. Sedangkan bahan yang tidak berguna akan diubah menjadi zat warna empedu (berperan dalam pemberian warna pada feses dan urine). 

Selain itu juga hati berperan dalam pembentukan urea. bagaimanakah prosesnya? Asam amino yang diserap oleh darah dan diterima oleh hati akan dipecahkan. Dari proses pemecahan ini dihasilkan amonia yang bersifat racun bagi tubuh. Didalam hati, amonia tersebut akan diubah menjadi urea untuk dikeluarkan melalui urine. 

Fungsi lainnya dari hati adalah :
  1. Mengurangi sifat racun (detoksifikasi) bahan yang masuk dalam tubuh seperti obat - obatan.
  2. Menyimpan bahan makanan, misalnya glukosa yang kana disimpan dalam  bentuk glikogen.

Posting Komentar untuk "Hati : Merupakan Salah Satu Alat Ekskresi Pada Manusia"