=== kode iklan ===
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Ciri makhluk hidup adalah tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran dan jumlah sel yang mengakibatkan bertambah besarnya makhluk hidup.

Pertumbuhan bersifat ireversibel yang berarti makhluk hidup yang tumbuh tidak dapat kembali ke ukuran semula.

Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan

Pertumbuhan dan perkembangan hewan di mulai sejak terbentuknya zigot. Satu sel zigot akan tumbuh dan berkembang hingga terbentuknya embrio. Embrio akan berdiferensiasi sehingga terbentuknya berbagai macam jaringan dan organ. Organ - organ akan menyatu dan bergabung kembali menjadi janin. janin akan dilahirkan sebagai bayi, kemudia bayi tumbuh dan berkembang hingga menjadi dewasa.

Pada siklus hewan tertentu, terjadi perubahan bentuk tubuh dari embrio hingga dewasa. Perubahan bentuk tubuh ini disebut metamorfosis. Metamorfosis dapat dibagi menjadi dua macam. Yaitu metamorfosis sempuran dan tidak sempurna.

Metamorfosis sempurna di tandakan dengan adanya bentuk tubuh yang berbeda di setiap fase metamorfosis. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempuran adalah kupu - kupu dan katak.

sedangkan metamorfosis tidak sempurna ditandai dengan adanya bentuk tubuh yang sama, tetapi ukurannya berbeda pada salah satu fase metamorfosis. Contohnya adalah belalang dan kecoa.

Faktor - faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan dapat dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal.

Faktor internal meliputi gen dan hormon. Sedangkan faktor eksternal meliputi makanan, air, dan cahaya. penjelasan lebih lanjut dapat dilihat dibawah ini:

Gen
merupakan faktor keturunan yang diwariskan dari orang tua kepada keturunannya. Gen akan mengendalaikan pola pertumbuhan dan perkembangan hewan.

Hormon
Hormon merupakan senyawa organik yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan hewan. Hormon yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan hewan adalah hormon somatotrof (hormon pertumbuhan).

Makanan
Makanan sangat diperlukan oleh makhluk hidup. Makanan diguankaan sebagai zat pembangun tubuh dan sumber energi.

Air
Air merupakan pelarut dan media untuk terjadinya reaksi metabolisme tubuh. Reaksi metabolisme ini akan menghasilkan energi, membantu pembentukan sel - sel yang baru dan memperbaiki sel - sel yang rusak.

Cahaya Matahari
Cahaya matahari sangat diperlukan dalam pembentukan vitamin D. Vitamin ini diperlukan untuk pertumbuhan tulang.

Posting Komentar untuk "Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup"