Pembahasan dan Soal Materi Pengayaan UN IPA Biologi

Pengamatan beberapa obyek menghasilkan data sebagai berikut:


Dari data tersebut, kemungkinan yang paling benar yang merupakan makhluk hidup adalah ...
Pembahasan:
Hanya Obyek 2 yang menunjukkan ciri reproduksi yang tidak bisa terjadi pada kelompok bukan makhluk hidup, yaitu memiliki anak.

Dalam ekosistem persawahan terdapat jaring makanan sebagai berikut:

Ekosistem Persawahan

Bila dalam ekosistem tersebut, ular habis diburu manusia, apa yang akan diupayakan , manusia agar hama tikus tidak mengganggu pertanian padi ...
Pembahasan:
Pada gambar diatas, elang dapat menggantikan fungsi ular sebagai pengendali populasi tikus (Psrinsip subtitusi)

Perhatikan gambar berikut:

Sampah rumah tangga

Usaha manusia yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi persoaln diatas dalam gambar tersebut adalah ...
Pembahasan:
Penanganan sampah paling tepat dimulai dari pemilahan sampah di tingkat rumah tangga, sehingga lebih mudah penanganan selanjutnya. Sampah plastik dapat di daur ulang menjadi barang lain yang berguna, dan atau melalui pendirian bank sampah. Sehingga dapat memotivasi masyarakat mendapatkan manfaat dari sampah plastik. Pendirian bank sampah juga mengubah pandangan dari membuang sampah itu membayar, menjadi membuang sampah itu memperoleh uang. 

Pada tanggal 13 April 2013, diwaduk jati luhur Purwakarta Jawa Barat, terjadi peristiwa kematian massal pada ikan - ikan yang di budidayakan dalam keramba/jaring apung. Ikan berbagai ukuran mati terapung dalam jumlah yang sangat banyak. Dugaan yang paling tepat faktor - faktor penyebab peristiwa tersebut adalah ...
Pembahasan:
Pemberian pakan ikan yang berlebihan, menyebabkan terjadinya penumpukkan bahan organik di dasar perairan. Bahan organik ini akan di uraikan oleh mikroba dan menghasilkan asam, yang akan menurunkan pH perairan. Perairan akan menjadi masam dan bersifat racun bagi organisme perairan, termasuk ikan. 

Perhatikan grafik jumlah penduduk di suatu wilayah dalam 8 tahun berikut:

Grafik Pertumbuhan Penduduk

Dari grafik pertumbuhan penduduk tersebut, persoalan lingkungan yang akan dihadapi oleh wilayah tersebut adalah ...
Pembahasan:
Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat seperti pada grafik tersebut diatas mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan seperti air, oksigen dan lainnya. 

Posting Komentar untuk "Pembahasan dan Soal Materi Pengayaan UN IPA Biologi"