=== kode iklan ===
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kulit : Salah Satu Alat Ekskresi Pada Manusia

Kulit merupakan organ ekskretori, karena dapat mengeluarkan zat sisa yang berupa keringat. Di dalam keringat, terkandung air, garam dapur, urea, dan sisa metabolisme. banyak sedikitnya jumlah keringat yang dikeluarkan bergantung pada aktivitas tubuh (semakin tinggi aktivitas tubuh, maka semakin banyak keringat yang dikeluarkan), Suhu lingkungan, Keadaan emosi, Kesehatan tubuh.

Struktur Kulit

Kulit terbagi menjadi tiga lapisan, yaitu:
  1. Epidermis (Kulit Ari), tersusun dari sekumpulan sel epitel yang berbentuk pipih dan berlapis - lapis. bagian terluar epidermis disebut lapisan tanduk (startum corneum) yang selalu mengelupas dan digantikan oleh jaringan baru. Dibawah lapisan tanduk, tersusun lapisan - lapisan lain, yaitu lapisan bening (stratum lucidum), lapisan butir (stratum granulusom), lapisan taju (stratum spinosum), lapisan tunas (stratum basale). Diantara lapisan tunas, terdapat sel - sel pembentuk pigmen melanin yang memberi warna pada kulit. Semaikn banyak pigmen melanin, kulit akan berwarna gelap.
  2. Dermis (Lapisan Jangat), lapisan ini biiasanya lebih tebbal dari lapisan epidermis. Didalam dermis terdapat pembuluh darah, ujung saraf, akar rambut, kelenjar keringat (merupakan kelenjar yang berbentuk seperti pipa yang bergulung melingkar dan mempunyai saluran menuju kepermukaan kulit), dan kelenjar minyak (berfungsi untuk meminyaki rambut dan permukaan kulit, sehingga tidak terjadi kekeringan).
  3. Hipodermis (Subkutan), Merupakan lapisan terdalam dari kulit yang banyak terdapat jaringan lemak. Jaringan lemak ini berfungsi sebbagai bantalan penahan apabila terjadi benturan dan lemak yang terkandung di dalam jaringan lemak berfungsi sebagai cadangan makanan.
Lapisan Kulit

Fungsi Kulit

Kulit selain berfungsi sebagai alat pengeluaran keringat, juga berfungsi :
  1. Melindungi tubuh dari lingkungan luar seperti suhu, cahaya matahari, bahan kimia, gesekan atau tekanan, dan kuman penyebab penyakit.
  2. Mengatur suhu tubuh, apabila cuaca panas, tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga badan terasa lebih dingin.
  3. Menyimpan cadangan makanan berupa lemak terutama dijaringan subkutan.
  4. sebagai indera peraba karena didalam kulit terdapat sel saraf yang dapat menerima rangsangan berupa panas, dingin, nyeri, dan tekanan.
  5. Sebagai tempat pembuatan vitamin D dengan bantuan cahaya matahari.

Posting Komentar untuk "Kulit : Salah Satu Alat Ekskresi Pada Manusia"